Rabu, 26 Januari 2022

MAHASISWA UNITRI (UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI) MEMBERIKAN PELATIHAN PEMBUATAN TAPLAK BATIK JUMPUT KEPADA SISWA KELAS 6

 

Arahan Dari Mahasiswa UNITRI

       Sejumlah mahasiswa UNITRI jurusan PGSD mendapatkan tugas di mata kuliah seni rupa dengan mengaplikasikan ilmu di mata kuliah tersebut. Pengaplikasian mata kuliah tersebut dengan berbagi ilmu ke sekolah-sekolah. Sekolah yang dituju yaitu SDN Tlogomas 1 dengan target sasarannya yaitu siswa kelas 6, Rabu (26/1). Dalam kegiatan kali ini ilmu yang dibagikan yaitu dengan memberikan pelatihan pembuatan taplak batik jumput. Seluruh siswa kelas 6 sangat antusias mengikuti kegiatan ini dengan pendamping guru kelas yaitu Bu. Hartiningsih. 

        Proses pembuatan taplak batik ini dengan cara dasar batik jumput. Teknik ini sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan oleh siswa kelas 6 dengan cara membentuk motif-motif sesuai dengan selera masing-masing. Kemudian pemberian warna dengan pewarna alami atau sintetis seperti pandan sebagai warna hijau, kunyit sebagai warna kuning, dan buah naga sebagai warna merah. Setelah tahap pewarnaan selesai, kain batik dijemur dibawah terik matahari. 

       Kegiatan pembuatan taplak batik ini diharapkan dapat mengembangkan inovatif dan kreatif siswa. Tidak hanya terampil dalam membuat tetapi juga dapat memanfaatkannya untuk menjadi sebuah produk.  Seperti menjahit tepi kain agar rapi sehingga dapat dijadikan taplak meja maupun baju motif yang mana produk tersebut dapat dipakai sendiri maupun dijual. (admin)


Antusias Siswa Dalam Pengerjaan

Mahasiswa UNITRI Membantu Proses Pembuatan

Proses Pewarnaan Mencelupkan Kain

Proses Pewarnaan

Pembagian Bahan Kain

Proses Pengarahan


            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFORMASI JALUR PENDAFTARAN PPDB ONLINE SDN TLOGOMAS 1 KOTA MALANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  Jika membutuhkan infomasi atau ada kendala silahkan menghubungi CP dibawah ini.  Contact Person :  089696523607 (Pak Bagus) 081233503100 ...