C. Pelaksanaan Belajar Dari Rumah oleh Guru
Guru memfasilitasi pelaksanaan PJJ secara daring, luring, mupun kombinasi keduanya sesuai kondisi dan ketersediaan sarana pembelajaran.
1. Menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran jarak jauh
Referensi
perencanaan PJJ baik secara daring maupun luring dapat dilihat pada portal Guru
Berbagi https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/. Dalam
menyiapkan pembelajaran, guru perlu memastikan beberapa hal berikut:
a. memastikan
kompetensi pembelajaran yang ingin dicapai. dilarang memaksakan penuntasan kurikulum
dan fokus pada pendidikan kecakapan hidup.
b. menyiapkan
materi pembelajaran. Dalam pelaksanaan BDR, materi dapat difokuskan pada:
1)
literasi
dan numerasi;
2)
pencegahan
dan penanganan pandemi COVID-19;
3) Perilaku
Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas);
4)
kegiatan
rekreasional dan aktivitas fisik;
5)
spiritual
keagamaan; dan/atau
6)
penguatan
karakter dan budaya.
c. menentukan
metode dan interaksi yang dipakai dalam penyampaian pembelajaran melalui
daring, luring, atau kombinasi keduanya.
d. menentukan
jenis media pembelajaran, seperti format teks, audio/video simulasi,
multimedia, alat peraga, dan sebagainya yang sesuai dengan metode pembelajaran
yang digunakan; dan
e. guru perlu meningkatkan kapasitas dengan mengikuti pelatihan daring yang disediakan oleh pemerintah maupun lembaga.
nonpemerintah
guna mendukung keterampilan menyelenggarakan PJJ pada situasi darurat COVID-19.
2.
Fasilitasi
pembelajaran jarak jauh daring
Waktu
pembelajaran daring sepanjang hari menyesuaikan ketersediaan waktu, kondisi,
dan kesepakatan peserta didik dan orangtua/walinya. Proses pembelajaran daring
terdiri atas:
a. tatap
muka Virtual melalui video conference,
teleconference, dan/atau diskusi
dalam group di media sosial atau aplikasi pesan. Dalam tatap muka virtual
memastikan adanya interaksi secara langsung antara guru dengan peserta didik.
b. Learning Management System (LMS).
LMS merupakan sistem pengelolaan
pembelajaran terintegrasi secara daring melalui aplikasi.
Aktivitas pembelajaran
dalam LMS antara
lain pendaftaran dan
pengelolaan
akun, penguasaan materi, penyelesaian tugas, pemantauan capaian hasil belajar,
terlibat dalam forum diskusi, konsultasi dan ujian/penilaian. Contoh LMS antara
lain kelas maya rumah belajar, google classroom, ruang guru, zenius, edmodo,
moodle, siajar LMS seamolec, dan lain sebagainya.
Berikut langkah-langkah
pelaksanaan PJJ daring oleh pendidik:
Pra
pembelajaran |
|
Saat pembelajaran |
|
Usai pembelajaran |
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tatap
muka |
|
|
LMS |
|
||
|
|
|
virtual |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1. |
Siapkan |
nomor |
1. Periksa |
|
1.
Komunikasi |
1.
Setiap |
peserta |
||
|
telepon |
orang |
kehadiran |
dengan |
orang |
didik |
mengisi |
||
|
tua/wali |
peserta |
peserta |
didik |
tua/wali peserta |
lembar |
aktivitas |
||
|
didik |
atau |
dan |
pastikan |
didik |
|
atau |
sebagai |
bahan |
|
peserta didik dan |
peserta |
didik |
peserta |
didik |
pemantauan |
|||
|
buat |
grup |
siap mengikuti |
terkait |
|
belajar harian. |
|||
|
WhatsApp |
(atau |
pembelajaran. |
penugasan |
2. Mengingatkan |
||||
|
aplikasi |
|
2. Mengajak |
belajar. |
|
orang |
tua/wali |
||
|
komunikasi |
peserta |
didik |
2. Berkomunikasi |
peserta |
didik |
|||
|
lainnya) |
sebagai |
berdoa |
sebelum |
dengan |
orang |
atau |
peserta |
|
|
media interaksi |
dan |
sesudah |
tua/wali peserta |
didik |
untuk |
|||
|
dan komunikasi. |
pembelajaran. |
didik |
|
atau |
mengumpulkan |
|||
2. |
Diskusikan |
3. Penyampaian |
peserta |
didik |
foto |
lembar |
|||
|
dengan |
orang |
materi |
sesuai |
memastikan |
aktivitas |
dan |
||
|
tua/wali |
peserta |
dengan |
metode |
peserta |
didik |
penugasan. |
||
|
didik |
atau |
yang |
|
siap |
mengikuti |
3. Memberikan |
||
|
peserta didik: |
digunakan. |
pembelajaran |
umpan |
balik |
||||
|
a. ketersediaan |
4. Selalu |
berikan |
dan |
mengakses |
terhadap |
hasil |
||
|
gawai/laptop/ |
kesempatan |
LMS. |
|
|
karya/tugas |
|||
|
komputer dan |
pada |
peserta |
3. Memantau |
peserta |
|
|||
|
akses internet; |
didik |
untuk |
aktivitas peserta |
didik/lembar |
||||
|
b.
aplikasi media |
bertanya, |
didik |
|
dalam |
refleksi |
|
||
|
pembelajaran |
mengemukakan |
LMS. |
|
|
pengalaman |
|||
|
daring |
yang |
pendapat, |
4. Membuka |
|
belajar. |
|
||
|
|
|
dan/atau |
layanan |
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pra pembelajaran |
Saat pembelajaran |
|
Usai pembelajaran |
||
|
|
|
|
|
|
|
|
Tatap muka |
|
LMS |
|
|
|
virtual |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
akan |
|
melakukan |
konsultasi |
bagi |
|
digunakan; |
|
refleksi. |
peserta |
didik |
|
c. cara |
|
|
yang mengalami |
||
penggunaan |
|
kesulitan. |
|
|
|
aplikasi |
|
|
|
|
|
daring; |
|
|
|
|
|
d. Materi |
dan |
|
|
|
|
jadwal |
|
|
|
|
|
pembelajaran |
|
|
|
|
|
daring. |
|
|
|
|
|
3.
Buat RPP
yang
sesuaidengan
kondisi
dan akses pembelajaran daring.
4. Memastikan
orang tua/wali
pesertadidik
atau
peserta didik mendukung proses pembelajaran daring.
3.
Fasilitasi
pembelajaran jarak jauh luring
Tidak ada komentar:
Posting Komentar