Jumat, 07 Agustus 2020

Pembelajaran Dari Rumah Oleh Guru

 

C.    Pelaksanaan Belajar Dari Rumah oleh Guru

Guru memfasilitasi pelaksanaan PJJ secara daring, luring, mupun kombinasi keduanya sesuai kondisi dan ketersediaan sarana pembelajaran.

1.   Menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran jarak jauh

Referensi perencanaan PJJ baik secara daring maupun luring dapat dilihat pada portal Guru Berbagi https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/. Dalam menyiapkan pembelajaran, guru perlu memastikan beberapa hal berikut:

 

a.     memastikan kompetensi pembelajaran yang ingin dicapai. dilarang memaksakan penuntasan kurikulum dan fokus pada pendidikan kecakapan hidup.

 

b.     menyiapkan materi pembelajaran. Dalam pelaksanaan BDR, materi dapat difokuskan pada:

 

1)     literasi dan numerasi;

 

2)     pencegahan dan penanganan pandemi COVID-19;

 

3)     Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas);

 

4)     kegiatan rekreasional dan aktivitas fisik;

 

5)     spiritual keagamaan; dan/atau

 

6)     penguatan karakter dan budaya.

 

c.     menentukan metode dan interaksi yang dipakai dalam penyampaian pembelajaran melalui daring, luring, atau kombinasi keduanya.

 

d.     menentukan jenis media pembelajaran, seperti format teks, audio/video simulasi, multimedia, alat peraga, dan sebagainya yang sesuai dengan metode pembelajaran yang digunakan; dan

 

e.     guru perlu meningkatkan kapasitas dengan mengikuti pelatihan daring yang disediakan oleh pemerintah maupun lembaga.

nonpemerintah guna mendukung keterampilan menyelenggarakan PJJ pada situasi darurat COVID-19.

 

2.   Fasilitasi pembelajaran jarak jauh daring

 

Waktu pembelajaran daring sepanjang hari menyesuaikan ketersediaan waktu, kondisi, dan kesepakatan peserta didik dan orangtua/walinya. Proses pembelajaran daring terdiri atas:

 

a.     tatap muka Virtual melalui video conference, teleconference, dan/atau diskusi dalam group di media sosial atau aplikasi pesan. Dalam tatap muka virtual memastikan adanya interaksi secara langsung antara guru dengan peserta didik.

 

b.     Learning Management System (LMS). LMS merupakan sistem pengelolaan pembelajaran terintegrasi secara daring melalui aplikasi.

Aktivitas  pembelajaran  dalam  LMS  antara  lain  pendaftaran  dan

 

pengelolaan akun, penguasaan materi, penyelesaian tugas, pemantauan capaian hasil belajar, terlibat dalam forum diskusi, konsultasi dan ujian/penilaian. Contoh LMS antara lain kelas maya rumah belajar, google classroom, ruang guru, zenius, edmodo, moodle, siajar LMS seamolec, dan lain sebagainya.

 

Berikut langkah-langkah pelaksanaan PJJ daring oleh pendidik:

 

Pra pembelajaran

 

Saat pembelajaran

 

Usai pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tatap muka

 

 

LMS

 

 

 

 

virtual

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.

Siapkan

nomor

1. Periksa

 

1. Komunikasi

1. Setiap

peserta

 

telepon

orang

kehadiran

dengan

orang

didik

mengisi

 

tua/wali

peserta

peserta

didik

tua/wali peserta

lembar

aktivitas

 

didik

atau

dan

pastikan

didik

 

atau

sebagai

bahan

 

peserta didik dan

peserta

didik

peserta

didik

pemantauan

 

buat

grup

siap   mengikuti

terkait

 

belajar harian.

 

WhatsApp

(atau

pembelajaran.

penugasan

2. Mengingatkan

 

aplikasi

 

2. Mengajak

belajar.

 

orang

tua/wali

 

komunikasi

peserta

didik

2. Berkomunikasi

peserta

didik

 

lainnya)

sebagai

berdoa

sebelum

dengan

orang

atau

peserta

 

media   interaksi

dan

sesudah

tua/wali peserta

didik

untuk

 

dan komunikasi.

pembelajaran.

didik

 

atau

mengumpulkan

2.

Diskusikan

3. Penyampaian

peserta

didik

foto

lembar

 

dengan

orang

materi

sesuai

memastikan

aktivitas

dan

 

tua/wali

peserta

dengan

metode

peserta

didik

penugasan.

 

didik

atau

yang

 

siap

mengikuti

3. Memberikan

 

peserta didik:

digunakan.

pembelajaran

umpan

balik

 

a. ketersediaan

4. Selalu

berikan

dan

mengakses

terhadap

hasil

 

gawai/laptop/

kesempatan

LMS.

 

 

karya/tugas

 

komputer  dan

pada

peserta

3. Memantau

peserta

 

 

akses internet;

didik

untuk

aktivitas peserta

didik/lembar

 

b. aplikasi  media

bertanya,

didik

 

dalam

refleksi

 

 

pembelajaran

mengemukakan

LMS.

 

 

pengalaman

 

daring

yang

pendapat,

4. Membuka

 

belajar.

 

 

 

 

dan/atau

layanan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


-11-

 

 

 

 

Pra pembelajaran

Saat pembelajaran

 

Usai pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

Tatap muka

 

LMS

 

 

virtual

 

 

 

 

 

 

 

 

akan

 

melakukan

konsultasi

bagi

digunakan;

 

refleksi.

peserta

didik

c. cara

 

 

yang mengalami

penggunaan

 

kesulitan.

 

 

aplikasi

 

 

 

 

 

daring;

 

 

 

 

 

d. Materi

dan

 

 

 

 

jadwal

 

 

 

 

 

pembelajaran

 

 

 

 

daring.

 

 

 

 

 

 

3.    Buat  RPP  yang

 

sesuaidengan

 

kondisi dan akses pembelajaran daring.

 

4.    Memastikan orang tua/wali

 

pesertadidik

 

atau peserta didik mendukung proses pembelajaran daring.

 

3.     Fasilitasi pembelajaran jarak jauh luring

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFORMASI JALUR PENDAFTARAN PPDB ONLINE SDN TLOGOMAS 1 KOTA MALANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  Jika membutuhkan infomasi atau ada kendala silahkan menghubungi CP dibawah ini.  Contact Person :  089696523607 (Pak Bagus) 081233503100 ...